Jumat, 19 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Bekali Muslimah Masa Kini, Alumni Gontor Putri Adakan Silaturahim Virtual

Tanggal:

Bagikan:

Gontor — Menghadapi kerasnya dunia informasi di masa ini, alumni Gontor Putri yang terhimpun di bawah Bidang Keputrian Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor mengadakan kajian webinar yang mengangkat isu “Pentingnya Literasi Media bagi Muslimah Abad 21”, Ahad (28/2/2021).

Acara ini merupakan seri perdana dari Webinar Series IKPM Gontor Putri 2021 yang akan diadakan sekali dalam 3 minggu pada platform Zoom.

Tautan webinar mulai dibuka pada pukul 08.30 WIB bagi peserta untuk bergabung, sedangkan acara dibuka pada pukul 08.45 oleh Ustadzah Lilik Shoima selaku Master of Ceremony dan dilanjutkan oleh Ustadzah Kamilia Hamidah selaku moderator.

Webinar ini diikuti oleh alumni Gontor Putri dari berbagai angkatan, berbagai tempat, dan berbagai profesi.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ustadz Dr. H. Muhammad Adib Fuadi Nuriz, M.A., M.Phil. (Ketua I PP IKPM Gontor). Beliau menyampaikan bahwa alumni-alumni Gontor Putri harus memperkuat ukhuwwah Islamiyah. Menurutnya, alumni Gontor Putri memiliki banyak potensi, aset yang bisa dikembangkan, bukan hanya sebatas ibu rumah tangga.

Kajian pertama dibawakan oleh Ustadzah Dr. Syarifah Ema Rahmaniah, dosen FISIP Universitas Tanjungpura Pontianak dengan judul “Perempuan Penggerak Periksa Fakta dalam Keluarga”.

Dr. Syarifah menilai kaum muslimah masa kini perlu menjadi kritis dalam menerima informasi. Berpikir kritis tidak menuntut pendidikan tinggi, tapi lahir dari kesadaran.

Kajian berikutnya berjudul “Berkawan dengan Media” yang dibawakan oleh Ustadzah Dewi Yuhana sebagai narasumber kedua. Beliau memaparkan bagaimana menjadi netizen muslimah yang cerdas di tengah bahaya dunia informasi saat ini. Netizen Indonesia terlalu mudah mempercayai setiap konten, menurutnya.

Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab bersama kedua narasumber.

Ustadzah Dewi dalam penghujung acara menegaskan, “Orang tua harus mengikuti perkembangan media, harus tahu isu, harus tahu apa saja yang dikonsumsi oleh anak. Media jangan dijauhi, kita yang harus pandai meletakkan, bahkan gunakan untuk berdakwah!”

Ustadzah Hj. Khusnul Fahimah, S.Pd. selaku Bidang Keputrian PP IKPM juga memberikan kesan dan pesan di akhir acara. “Mudah-mudahan kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk tetap menyatu dan bertukar ilmu,” ungkapnya.

Acara ditutup sekitar pukul 11.15 dengan foto bersama dan ramah tamah. (Maraghi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FPA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.