Kamis, 28 Maret, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Calon Pelajar Gontor yang Mandiri

Tanggal:

Bagikan:

Oleh: Akbar Zainudin
(Penulis Buku Man Jadda Wajada)

Tahun ini, tahun yang bersejarah bagi keluarga besar Pondok Modern Gontor, Calon Pelajar, Santri dan Walisantri secara keseluruhan. Pandemi CoVid-19 memaksa Pondok melakukan kebijakan yang unik. Pondok dibuka kembali tetapi santri dan calon pelajar tidak boleh diantar oleh Walisantri. Mereka harus ke Gontor diantar oleh Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Cabang di daerah masing-masing.

Bagi santri, kebijakan ini mungkin tidak terlalu mengagetkan, karena mereka sudah terbiasa mandiri di Pondok. Namun kebijakan ini menjadi luar biasa bagi CALON PELAJAR, yang di Gontor biasa disebut capel. Bayangkan, belum jadi santri sudah dipaksa untuk mandiri.

Kebijakan itu ternyata tidak menyurutkan niat para calon santri dan santriwati Gontor. Tercatat, Capel Gontor tahun ini yang mendaftar secara ONLINE di seluruh Pondok Modern Gontor berjumlah 8.075 orang.

Kebijakan ini juga menggerakkan anggota IKPM di seluruh Indonesia. Total hingga 22 Juni 2020, sebanyak 87 rombongan IKPM dan Bimago dari seluruh Indonesia telah datang dengan menggunakan armada Big Bus 92, Mini bus 4, Mobil Elf 10, dan sejumlah mobil pribadi. Jumlah pembimbing dari IKPM seluruh Indonesia adalah 418 orang.

Sistem di Gontor ini sudah mapan, dan terbiasa menghadapi perubahan. Ketika Pandemi CoVid-19, dengan cepat Gontor bisa menyesuaikan.

Beberapa perubahan untuk penerimaan calon pelajar, di antaranya adalah:

1. Sistem pendaftaran online yang efisien. Para pelajar tidak lagi perlu membawa dokumen yang banyak untuk pendaftaran, mereka cukup membawa hasil pendaftaran secara online.

2. Calon Walisantri datang tidak didampingi orang tua, melainkan melalui IKPM setempat.

Saya melihat dampak positif yang luar biasa dari kebijakan ini.

Pertama, Menggerakkan IKPM seluruh Indonesia secara bersamaan. Suatu pergerakan yang luar biasa.

Kedua, membuat kondisi di Gontor 2, tempat santri belajar menjadi kondusif. Demikian juga di Gontor Putri.

Para capel tidak lagi disibukkan untuk bertemu dengan orang tua yang seringkali terlalu mengkhawatirkan mereka. Para capel ini fokus untuk belajar.

Ketiga, para capel menjadi mandiri. Mereka melakukan semuanya sendiri. Memang ada beberapa orang yang terlihat menangis. Wajar, karena butuh penyesuaian. Namun melihat teman-temannya yang sudah bergembira, akhirnya setelah beberapa saat, merekapun berhenti menangis dan lalu siap belajar lagi.

Mudah-mudahan para capel ini lulus, bisa menjadi santri dan santriwati Gontor.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia 100 Tahun, Pimpinan PMDG Gelar...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya yang telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Tak sedikit pula dari alumni Gontor yang...

Suksesnya Pengajian Ahad Wage PC IKPM Ponorogo Membuka Pintu...

Ponorogo, PP IKPM Gontor - Pengajian Ahad Wage yang diadakan oleh PC IKPM Ponorogo pada hari Ahad, 24 Desember 2023, di Masjid Jannatul Firdaus,...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.