Jumat, 19 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

PP IKPM Lanjutkan Konsolidasi ke Temanggung dan Wonosobo

Tanggal:

Bagikan:

PPIKPM.GONTOR.AC.ID, TEMANGGUNG — Pada hari kedua, rombongan PP IKPM yang dipimpin Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. bersilaturrahim di Pondok Pesantren Darul Falah, Candiroto, Temanggung (25/10). Kepala Yayasan Pondok, KH Muhammad Fatah dan KH Amat Sam’ani menyambut kedatangan rombongan.Acara silaturrahim dilaksanakan di dalam ruangan dan dihadiri perwakilan guru dan santri. Dalam sambutannya, KH Muhammad Fatah sangat menghargai nilai dan kualitas para alumni Gontor. “Turah-turahan Gontor, nek diopeni tetep iso dadi wong (‘santri sisa-sisa’ dari Gontor kalau dirawat maka akan jadi orang/tokoh)… Kalau ada jebolan dari sana, bisa dibawa ke sini, in syaa Allah bermanfaat… Nek disana paling buruk, di sini paling baik,” ujarnya.

Ustadz Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. menyerahkan cinderamata kepada KH Muhammad Fatah.

Sementara Ustadz Rif’at dalam sambutannya berharap Pondok Darul Falah nanti bisa bergabung dengan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) jika memang memenuhi syarat untuk menjadi anggotanya. Yaitu pimpinannya adalah alumni Gontor. Dalam momen tersebut, beliau juga menjelaskan tiga bentuk pesantren, yaitu salafiyyah (kitab kuning), mu’allimin (dirasah islamiyyah) dan bentuk lain yang ikut sisdiknas pendidikan umum. “Ijazah Mu’allimin disamakan dan diakui dengan MTs dan MA, tanpa mengikuti ujian nasional,” jelas beliau.Selepas silaturrahim di Pondok Darul Falah, PP IKPM melanjutkan kegiatan dengan Pelantikan Pimpinan Cabang IKPM Temanggung Periode 2019-2024 di Pondok Pesantren Hidayatullah, Temanggung. Ketua baru IKPM Temanggung adalah Ustadz Althof. Hadir dalam acara Pimpinan Pondok Hidayatullah, Ustadz Syarif Hidayatullah dan para santri.

Ustadz Althof (baju batik hijau) menerima cinderamata dari Pengurus Bidang Pendidikan dan Dakwah PP IKPM, Ustadz H. Suwito Djemari.

Dalam arahannya, Ustadz Rifat berharap IKPM cabang bisa berkiprah di masyarakat. “Banyak peluang di mana posisi IKPM cabang bermanfaat buat alumni dan masyarakat, sehingga kiprah itu ada… Forum-forum alumni disediakan dan diharapkan muncul di daerah dan menginduk ke pusat. Komunikasi menjadi lancar dengan adanya forum ini, dan menggeliat… Kami menginginkan laporan kegiatan melalui e-mail, whatsapp, dan lain sebagainya,” papar beliau.Pada malam harinya, PP IKPM menuju ke Kota Wonosobo guna melantik PC IKPM Wonosobo, Periode 2019-2024 di Gedung Muhammadiyah, Mojo Tengah, Wonosobo. Ketua IKPM terpilih adalah Ustadz Basuki Zulianto dan sebagai Penasehat IKPM adalah Ustadz Musybihun. Setelah sekian lama tidak melakukan pergantian pengurus, IKPM Wonosobo memanfaatkan momen konsolidasi IKPM guna meremajakan kepengurusannya. Acara pelantikan tersebut dihadiri alumni, IKPM dan siswa MA.Dalam laporannya, Ustadz Basuki menyebutkan banyak alumni yang berkiprah di Wonosobo, PKU Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

Ustadz Basuki Zulianto (baju putih) menerima lampiran SK Pelantikan dari Ustadz H. Suwito Djemari.

Ustadz Rif’at memberikan pengarahan kepada pengurus baru agar segera bergerak dalam menggalang komunikasi dan sinergi dengan anggota IKPM yang lain. “Pergerakan alumni Gontor sangat cepat sekali, maka IKPM harus cepat merespon dalam menanggapinya,” jelasnya.

Rep.: Aghilatul Umuda
Red.: Mujib Abdurrahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FPA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.