Sabtu, 20 April, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

Sosialisasi Rentetan Kegiatan “Sujud...

Kamis, 3 Agustus 2023/17 Muharram 1445 – Dalam rangka...

Pelatihan Fiqh Qurban :...

Ponorogo, 24 Juni 2023 – Pada Sabtu, 6 Dzulhijjah...

Ustadz Nur Tsalits al-Amin: Seorang imam seharusnya yang aqra’ di antara kalian

Tanggal:

Bagikan:

Wisma Darussalam, Gontor – Ustadz Nur Tsalits al-Amin, M.Pd. adalah pengisi materi Tahsinul Qira’ah di hari kedua dalam Pelatihan Fiqh dan Tahsinul Qira’ah yang diselenggarakan oleh Bagian Dakwah dan Pendidikan PP IKPM. Ia membuka materi dengan menekankan pentingnya seorang imam yang aqra’.

Aqra’ di sini merupakan gabungan dari afshah dan afqah,” papar ustadz lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1999 ini di depan seluruh peserta yang merupakan pengurus takmir masjid se-kabupaten Ponorogo (5/2).

Ia melanjutkan, bahwa afshah merupakan akumulasi dari kebenaran pengucapan makharij al-huruf, penguasaan ahkam tajwid, hapalan surat, dan pemahaman arti ayat. Sementara afqah, menurutnya, adalah sintesa dari akidah yang benar, penerapan syariah, dan pemahaman fikih shalat.

tahsinul qiraah (7) PILIHAN

Ia menekankan, kekurangan para imam atau qari masjid secara umum adalah dalam tiga hal, konsistensi dalam membaca mad thabii, konsistensi dalam membaca ghunnah, dan kesempurnaan pengucapan huruf.

tahsinul qiraah (6) PILIHAN

Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung membaca al-Qur’an dengan metode ayun suara. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, apalagi mereka juga berkesempatan untuk mempraktekkan metode tersebut dengan arahan langsung dari ustadz Al-Amin. (mar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Lanjutkan membaca

Khutbah Idul Fitri 1 Syawwal 1445 H: Harmonis dalam...

Forum Muballigh Alumni (FPA) Pondok Modern Darussalam Gontor

Pelantikan Pengurus PC IKPM Kabupaten Bekasi: Momen Bersejarah di...

PP IKPM Gontor - Pada Jum'at, 29 Maret 2024, Pondok Modern Darrunadwah menjadi saksi dari sebuah momen bersejarah bagi Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP IKPM Gontor dengan PC IKPM...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM) Gontor melaksanakan kegiatan rutin untuk menjalin dan memperkuat silaturahim...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.