Sabtu, 13 Juli, 2024

Media Komunikasi Antarkeluarga Pondok Modern

Pelatihan Fiqih Qurban: Mengembalikan...

Ponorogo, 9 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pemahaman...

Pelatihan Fiqh Jenazah: Meningkatkan...

Ponorogo, 19 Mei 2024 – Bidang Pendidikan & Dakwah...

Silaturrahim dan Konsolidasi PP...

Senin, 19 Februari 2024/ 6 Sya'ban 1445, Pimpinan Pusat...

Perkuat Ukhuwwah Jelang Usia...

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terkenal dengan alumninya...

FPA Selenggarakan Workshop Kemandirian Pesantren

Tanggal:

Bagikan:

Batang- Forum Pondok Alumni (FPA) bekerja sama dengan IKPM Cabang Pekalongan mengadakan Workshop Kemandirian Pondok yang berlangsung pada hari Sabtu- Ahad, tanggal 9-10 April 2016 yang bertempat di Pondok Modern Tazakka, Batang, Jawa Tengah. Seminar yang diikuti oleh 85 pesantren alumni dengan jumlah peserta 172 orang yang terdiri dari Pimpinan, Kiayi Pengasuh, Direktur, serta Guru-guru dari berbagai pondok alumni yang berada di Jawa dan Sumatera ini berjalan dengan lancar.

Workshop Kemandirian Pesantren di Pondok Modern Tazakka.
Workshop Kemandirian Pesantren di Pondok Modern Tazakka.

Acara ini dihadiri oleh pembicara yang diantaranya, Dr. H. Dihyatun Masqon; Dr. KH. Tata Taufiq, M.A; Dr. KH. Zulkifli Muhadli, MA; Dr. KH Muzzammil Basyuni; H. Teguh Suhardi; dan lain sebagainya. Selain itu, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal juga turut hadir dalam acara ini. Beliau menyampaikan tausiyyah dan nasihat-nasihat kepada peserta yang hadir. Ketua PP-IKPM Gontor,  H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, juga diundang untuk memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut. Dalam sambutannya beliau menyinggung tentang IKPM, perkembangan alumni dan Pondok Pesantren Alumni, serta Kegiatan Peringatan 90th Pondok Modern Darussalam Gontor.

UPLOAD 4

Selain sesi seminar, para peserta juga diajak untuk mengunjungi Pondok Darul Amanah yang berlokasi di Sukorejo, Kendal yang dipimpin oleh KH. Mas’ud Abdul Qodir.
Adapun kesimpulan yang bisa dicermati dari acara tersebut diantaranya:
1. FPA siap membantu pondok anggota forum dalam proses Mu’adalah dan dalam waktu dekat akan mengndang mereka untuk sosialisasi dan rapat koordinasi pengurus mu’adalah dengan koordinator Dr. KH. Tata Taufiq bekerja sama dengan Ditjen Pendis Kemenag Pusat.
2. FPA akan mendorong tiap pesantren untuk membentuk lembaga zakat dan wakaf berbadan hukum.
3. Memberi gagasan untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren lewat usaha toko retail (pesantren mart) yang terkoneksi.
4. Memberi gagasan untuk membangun klinik atau rumah sakit utama bagi masing-masing pondok pesantren terutama yang sudah memiliki banyak santri.

Adapun rombongan dari Gontor (KH. Hasan Abdullah Sahal, H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo beserta staf-stafnya) mengunjungi Pondok Darul Amanah pada hari Senin, 11 April 2016 guna meresmikan gedung baru yang diberi nama “Darussalam”.

Kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Amanah, Sukorejo, Kendal.
Kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Amanah, Sukorejo, Kendal.
Peresmian Gedung Darussalam di Darul Amanah.
Peresmian Gedung Darussalam di Darul Amanah.

Lanjutkan membaca

Kebangkitan IKPM Malaysia di MUSCAB XII: Regenerasi dan Ukhuwah...

Kuala Lumpur, 22 Juni 2024 – Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-XII Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Malaysia sukses digelar di Universitas Islam Antarbangsa...

Pelantikan PC IKPM Dumai: Memperkuat Peran Alumni dalam Pengembangan...

Dumai, 14 Juni 2024 - Pada Jumat malam, 14 Juni 2024, yang bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1445 H, Pendopo Sri Bunga Pemerintah Kota Dumai...

Khutbah Idul Adha, 10 Dzulhijah 1445 H Idul Adha :...

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ...

Jadilah kekuatan untuk menjalin silaturahim

Bergabung bersama kami di PP IKPM Gontor . Anda bisa berkontribusi dalam menjalin silaturahim antarkeluarga pondok modern.